5+ Tanda-tanda awal kehamilan muda yang harus bunda ketahui

No comments

Tanda-Tanda Awal Kehamilan Muda yang harus bunda ketahui

Citra Rachma  - Kehamilan adalah salah satu hal yang diidam-idamkan oleh pasangan suami istri. Sebuah momen dimana seorang wanita membawa benih cinta di rahimnya. Hal yang sangat ditunggu-tunggu dan dinantikan kedatangannya. Sehingga banyak yang penasaran seperti apakah ciri-ciri momen kehamilan tersebut. Kehamian 1 minggu, 2 minggu, ataupun 3 minggu adalah moment yang harus diperhatikan untuk kehamilan yang sehat untuk ibu dan calon bayi.

Untuk mengetahui rasa penasaran dan pengetahuan mengenai tanda-tanda awal kehamilan muda yang harus bunda ketahui, berikut  ulasan yang bisa menjadi pengetahuan baru buat bunda.


1. Ukuran Dada Membesar

Salah satu tanda-tanda awal kehamilan adalah ukuran dada yang membesar. hal itu dikarenakan adanya hormon progesteron dan esterogen meningkat. disamping tekstur dada juga semakin lembut yang menyebabkan rasa sensitif yang tinggi. selain membesar hal lainnya yaitu area aerola warnanya menjadi lebih gelap.

2. Munculnya Bercak Darah Diikuti Kram Perut

Tanda selanjutnya adalah munculnya bercak darah diikuti kram perut. Biasanya terjadi diantara 7-10 hari setelah terjadinya masa ovulasi. Bercak ini diakibatkan adanya implementasi pada rahim dinding, yaitu embrio yang menempel.

3. Sering Mual/Muntah

Tanda kehamilan yang umum sering terjadi pada ibu hamil adalah mual dan muntah. adanya peningkatan horman HCG ( Human Charionic Gonadotropin ). Efek dari peningkatan ini adalah terdapat rasa pedih pada lapisan di sekitar perut. Bunda jangan terlalu khawatir karena gejala ini biasanya hanya terjadi pada trisemester pertama kehamilan.

4. Pusing dan Sakit Kepala

Adanya gangguan pusing dan sakit kepala ini terjadi dikarenakan akibat fisik yang mulai lelah, kecapekan, lapar ataupun darah tinggi. perasaan tegang maupun depresi yang menjadi penyebabnya.

5. Telat Haid

Salah satu tanda bahwa bunda hamil adalah telat haid atau datang bulan. hal tersebut merupakan tanda yang sangat jelas. Namun untuk lebih jelasnya konsultasikan ke bidan atau dokter kandungan terdekat.

6. Sering Lelah/Mengantuk 

Sering mengantuk terjadi karena pengaruh hormonal. hal ini dikarenakan karena tubuh sedang melakukan adaptasi terhadap bayi yang dikandung di rahim. Sehingga seringnya muncul rasa untuk terus bermalas-malasan.


Demikianlah bunda beberapa tanda-tanda awal kehamilan muda yang bisa bunda ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan bunda semua dan lebih bijak apabila konsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan ataupun bidan terdekat.

Comments